Saturday 22 November 2014

HIJRAH must go on!!!

oke, temen2 sekarang ana mau berbagi tentang hikmah yang ana dapet hari ini....
22/nov/2014...

buat temen2 sekalian yang mau belajar dan ingin mencari suatu hal yang baru, coba deh buat lebih semangat lagi dan lebih giat lagi dalam mengejar impian dan target yang kalian pengen, ya salah satunya dengan hijrah. yups,, "HIJRAH"....
        HIJRAH..... mungkin dah kedengeran gak asing lagi kata2 ini buat kita....
hijrah yg ana maksud bukan hijrah kaya zaman rasul dan nabi kita pada waktu menyebarkan agama Allah S.W.T... hijrah disini mengandung sebuah makna terpendam. Kaya sabda rasul yang pernah kita denger ke salahsatu sahabatnya yaitu,
     "اُطْلُبِ العِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ"
"TUNTUTLAH ILMU MESKI SAMPAI NEGERI CINA"
dari sini pun kita sudah ketahui bahwa rasul aja menuntut para kaum muslim untuk menuntut ilmu meskipun letak atau jarakanya sampai Cina yang jarak tempuhnya beribu-ribu kilo. Jadi kenapa kita harus nyerah gitu aja dan  putus asa??? Tapi, jangan sampe salah pake pemikiran yang dianut sama anak2 ABG labil jaman sekarang… “TUNTUTLAH CINTA SAMPAI KE UJUNG DUNIA”.  Pernyataan ini yang malah menjadi basic mindset para pemuda jaman sekarang, gara2 cinta bisa butakan dunia. Padahal sebenernya menurut ana sendiri, kalo mau menuntut cinta itu juga harus ada ilmunya, bukannya bgitu???
       Ternyata ada pesan tersirat dibalik "TUNTUTLAH ILMU MESKI SAMPAI NEGERI CINA", yaitu untuk mengetahui seberapa besar sih kaliber kesungguhan dan kegigihan seseorang atau kaum yang hendak ingin meraih apa yang ia inginkan demi kemaslahatan umat dan bersama....
tentu aja  yang namanya hijrah itu ga seperti yang kita bayangin,, ada yg namanya halangan, ujian, rintangan, sama halnya dengan yg dilalui oleh nabi dan rasul kita gituu..
adapun hal lain yang ingin rasul sampaikan dalam kalimat... 
    "اُطْلُبِ العِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ"
Nah, disini ana juga mau ngutip satu kalimat yang jadi pembakar motivasi ana buat melaksanakan hijrah tersebut, kata2 ini ana kutip dari novel “Notes From Qatar” yang kaya gini isinya.
“there’s no growth in comfort zone, there’s no comfort in growth zone, I must leave my comfort zone to grow”.
Bener aja kata2 Mas Assad (Author Notes From Qatar) yg ana ambil dan ana terapin kata2 ini. well sekarang ana pun dah mulai ngerjain salah satu yg rasul minta buat hijrah, walaupun hijrahnya ana sendiri bukan dari kemauan dan dipaksa sama orangtua. Tapi yakin aja lah sama apa yg mereka pilih.. karena…
“gak bakalan ada Singa yang mau makan anaknya sendiri”
Kebayangkan, binatang sekelas singa yg dinobatkan “Raja Hutan” aja punya pikiran kaya gitu, dia gamau makan dan menjerumuskan anaknya sendiri..
So,, masih ragu sama pilihan ortu??? Dan kalo pun kalian ga ngerasa nyaman dgn pilihan ortu kalian, percaya deh.. itu semua datengnya dari nafsu kita doang yg tanpa dilandasi oleh pemikiran dan worldview yang jelas buat kelangsungan hidup kita nanti sob,,  yg penting kita harus pinter2 cari dan ngambil hikmah dari apa yang pernah kita alamin.

Eitsss,, selain itu juga kita harus siap mengorbankan segala hal apapun demi meraih apa yang kita inginkan, TENTUNYA!!! dengan cara yang halal dan mengikuti syariat islam broo... 
       INGET!!!!!!
"in order to get something we have to sacrifice something".

ketika kita pengen menggapai harapan, impian, dan apa aja yang kita pengen. Kita harus mengorbankan sesuatu meskipun itu berat untuk kita lakukan, tapi kalo permasalahannya kita harus mengorbankan istri,  anak, ibu yang sedang tenggelam dilaut mana yang bakalan kita selametin duluan??? Hayooo…
itu semua tergantung sama keadaan dan kita juga harus mempertimbangkan secara mateng2 buat ngorbanin sesuatu yg kita pengen.
 tapi ingat semua yg dah kita korbanin pasti akan berdampak sama hasil yang bakal kita dapet.... 

"إِنَّ مَعَ العُسْرِ يُسْرَ"
"dibalik kesusahan ada sebuah kemudahan".

Okee sob,,, mungkin dari hasil sharing ana yang perdana ini  dapat bermanfaat buat kalian… ya mungkin ada summary yg bakalan ana jelasin ke temen2 sekalian berkaitan dengan share ana yg perdana ini…

1.     Kalo kita pengen dapetin sesuatu yang kita incer… kita harus berani hijrah!! Dan inget hijrah yg ana maksud hijrah dari sebuah kekurangan menuju perkembangan potensi diri dan dengan bertujuan untuk kemaslahatan umat dan agama.
2.     Jangan pernah menghiraukan seberapa jauh jarak tempuh untuk mengejar impian yang kita damba2kan, believe with your inner power broo!!! Just enjoy it, pass it, and stand still with your confidence.
3.     “Percaya bahwa potensi kita ga bakalan berkembang dan pengalaman sekaligus pengamalan kita ga akan bertambah kalo kita tetep menetap di daerah kekuasaan kita atau di kampung kita sendiri, dan kita juga ga bakalan nyaman juga kan?kalo lama2 di kampung sendiri??? Maka dari itu kita harus hijrah dari tempat yg nyaman alias kampung kita sendiri demi berkembangnya potensi diri, pengamalan kita sekaligus pengalaman kita pun bakalan bertambah dan jangan lupa itu semua buat kemaslahatan umat dan agama.”
4.     Jangan pernah suudzon dengan keputusan orangtua kita ketika mereka meminta kita untuk hijrah,  karena mereka selalu ingin memberikan yg terbaik untuk buah hatinya.
5.     Mengorbankan sesuatu hal yg kita sayang, cinta terkadang pun harus kita tempuh demi tergapainya impian dan target yg kita inginkan tentu saja dengan segala pemikiran yg matang dan telah memikirkan resiko apa yg bakal kita tanggung ketika kita mengorbankan sesuatu dari apa yg kita inginkan.
6.     Dibalik semua kesusahan pasti ada kemudahan, hikmah, kisah baik yang dapat kita ambil sebagai pengalaman hidup dan memberikan pengamalan yg lebih baik pada umat dan agama kita.


Oke temen2,, mungkin sampai disini untuk sharing perdana buat kali ini.

بِاللَّهِ التَّوْفِيْقِ وَالهِدَايَةِ
والسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللَّهِ وَبَرَكاَتُهَ


No comments:

Post a Comment